Tuesday 15 December 2009

ISTANA TERLARANG



Selama hampir 500 tahun, dari awal abad ke-15 hingga awal abad ke-20, 24 kaisar Dinasti Ming dan Qing memerintah China dari kompleks istana luas di jantung Beijing. Dibangun mirip sebuah kotak perhiasan dengan lapis demi lapis dinding, Kota Terlarang adalah kediaman kekaisaran yang tertutup,lokasi upacara yang megah, dan juga puncak kesibukan birokrasi china yang luas lagi ruwet.
Tiap detail pada labirin dinding – dinding merah keunguan dan atap-atap kuning sebagai warna kekaisaran membuat istana terlarang sebuah pantulan mandat kedewaan kaisar untuk menjaga harmoni dan hirarki Istana terlarang dibangun pertama kali pada masa raja Yongle, tahun 1406 – 1420. Luas kawasan tanah ini 720.000m2, dengan 980 bangunan dan 8.704 ruangan. Pada tahun 1987 oleh UNESCO, kota terlarang merupakan koleksi terbesar dengan struktur kayu kuno di dunia dan terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia. Tempat ini dulu dikenal dengan sebutan Gu Gong (bekas istana), namun sekarang lebih dikenal dengan istilah “Istana Terlarang” terjemahan dari Zi Jin Cheng (紫禁城).

Masa pemerintahan atas istana terlarang ini dimulai pada tahun 1400 kaisar dinasti Ming, yakni Yongle memutuskan memindahkan Ibu kota dari Nanjing ke Beijing untuk membalas ancaman – ancamana dari utara oleh mongol. Tahun 1406-1420 Yongle mendirikan Istana terlarang di lokasi yang sama dimana Kubilai khan, cucu Genghis khan dan kaisar pertama mongol dari dinasti yuan. Pelayan – pelayan pria di Istana terlarang ini adalah seorang kasim yang telah dikebiri dari keluarga miskin. Mereka lebih memilih dikebiri agar dapat merasakan kehidupan Istana. Korupsi dan apati menyebabkan kemunduran dinasti Ming. Tahun 1644 kaisar Ming terakhir gantung diri saat pembrontakan merebut beijing dan masuk pada dinasti Qing. Kang xi dan Qian long membangkitkan kembali istana dengan kesenian, ilmu, serta administrasi efisien, sedikit melunakkan kebencian bahwa etnik Manchu memerintah mayoritas etnik Han china.
1861 – 1908 permaisuri cixi adalah selir penguasa de-facto selama 47 tahun. Kemewahan, penolakan terhadap moderinisasi, dan ketidakmampuannya menghadapi kekuatan asing menandai kemunduran dinasti Qing. Tahun 1912, Puyi adalah kaisar terakhir. Turun takhta pada umur 6 tahun saat revolusi anti-imperialisme meluncurkan republik china. Puyi diizinkan tinggal di istana bagian dalam hingga tahun 1942. Tahun 1925 Istana terlarang dibuka untuk umum sebagai museum Istana.

Sumber data: Arsip peta china
www.highlightschina.com
www.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment

HangMan

YOuTube

Buddha With Thousand Hands from Opening Beijing Olympic

beijing olympic song - welcome to beijing by all various china artist